Minggu, Mei 24, 2015

ENGINEERING EXPO 2015 FAKULTAS TEKNIK UNTAN

 
Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura Pontianak kembali menggelar Engineering Expo pada 23-24 Mei 2015 bertempat di lantai 1 Ahmad Yani Mega Mall. Ini adalah Engineering Expo yang ke-empat kalinya, yang merupakan event tahunan Fakultas Teknik sejak tahun 2012.
Berbagai karya hasil kreativitas mahasiswa Fakultas Teknik ditampilkan, ada robot, maket-maket gedung, sketsa, mesin pengering ikan, mesin pengupas kelapa, wajan holic, dan karya-karya lainnya.
Beberapa dari karya-karya tersebut ada yang pernah diikutsertakan dalam perlombaan tingkat nasional. Ada juga karya-karya mahasiswa Teknik yang telah digunakan oleh masyarakat luas salah satunya alat pengolah air limbah restoran. Alat ini telah digunakan oleh beberapa rumah makan yang ada di Pontianak.

Selain disuguhi dengan karya-karya kreativitas mahasiswa, pengunjung juga diberi kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan alat-alat tersebut. Salah satunya mencoba memainkan sebuah game yang dirancang oleh mahasiswa prodi teknik informatika. Kegiatan ini sangat berguna bagi pelajar yang berencana melanjutkan pendidikan di Fakultas Teknik. Ada banyak informasi mengenai program studi yang terdapat di Fakultas ini. Ini adalah kesempatan untuk bertanya dan memperoleh jawaban sepuasnya mengenai fakultas Teknik dan berbagai program studi yang ada di dalamnya.

Ini dia beberapa karya teman-teman dari fakultas Teknik yang ditampilkan di Engineering Expo 2015 


Ini merupakan robot pemadam kebakaran karya mahasiswa teknik prodi Teknik Elektro. Robot ini menggunakan sensor panas.
Masih dari karya mahasiswa teknik elektro. Ini adalah Robot penyedot debu
Sketsa karya mahasiswa teknik arsitektur

Alat pengolah air limbah restoran
Wajan Holic, alat penguat sinyal yang dibuat oleh mahsiswa teknik informatika

Pengunjung juga diajak mengenali jenis-jenis aspal dan melihat alat-alat apa saja yang digunakan para kontraktor untuk bekerja.


Rasanya menyenangkan sekali bisa melihat secara langsung karya-karya kreatif teman-teman dari fakultas teknik. Sangat memotivasi dan menginspirasi, karya-karya mereka menunjukkan bahwa Kalimantan Barat punya generasi-generasi kreatif yang inovatif, Kalimantan Barat punya anak-anak muda yang sanggup untuk bersaing dan bisa dipercaya untuk menghadapi tantangan ke depan. Apa lagi akhir tahun 2015 MEA akan segera dibuka, ini menjadi kesempatan besar untuk kita mengembangkan diri seluas-luasnya. Indonesia memang memerlukan generasi muda yang produktif seperti ini, yang mampu berkarya dan karya-karya tersebut berguna bagi kehidupan masyarakat. Semoga semakin banyak anak-anak muda yang kreatif seperti ini, semakin banyak mahasiswa yang menyadari potensi yang mereka miliki dan berani mengembangkannya. Dan semoga Fakultas Teknik semakin maju.






This entry was posted in

Jumat, Mei 22, 2015

SEJARAH SINGKAT PEKAN GAWAI DAYAK


Gawai Dayak adalah upacara adat sesudah panen yang rutin dilakukan setiap tanggal 20 Mei oleh suku Dayak di Pontianak, Kalimantan Barat. Upacara adat ini merupakan cara untuk mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada Jubata (Tuhan) atas hasil panen yang melimpah.
Kalimantan Barat merupakan provinsi dengan mayoritas penduduk bersuku Melayu dan Dayak. Suku Dayak merupakan kelompok etnis terbesar di Kabupaten Bengkayang, Landak, Sanggau, Sintang, dan Sekadau, sementara di Kabupaten Kapuas Hulu suku Dayak dan Melayu tersebar merata. Masing-masing suku Dayak yang tersebar di berbagai wilayah ini mempunyai ritual tahunan yang dilaksanakan sesudah panen, sebuah upacara sebagai ungkapan syukur atas melimpahnya panen dan perlindungan yang diberikan oleh Jubata. Pelaksanaan upacara ini juga di lakukan di daerah masing-masing, dengan nama yang berbeda-beda pula. Ada yang menamainya dengan Gawai, Naik Dango', Maka' Dio', dan Pamole' Beo'. Perayaan ini dilakukan oleh semua penduduk kampung di daerah masing-masing, ritual di pimpin oleh seorang ketua adat atau orang yang ditunjuk untuk memimpin ritual tersebut (biasanya tetua kampung). Orang yang ditunjuk untuk memipin ritual akan berdoa dengan bahasa Dayak dan membaca mantra untuk roh para leluhur, kemudian sesudah berdoa dan membaca mantra dilanjutkan dengan makan bersama. Pada saat perayaan disuguhkan beraneka ragam makanan khas suku Dayak, semua penduduk akan menikmati santapan dengan diiringi tabuhan alat musik tradisional dan akan ada tari-tarian gembira, semua penduduk diperbolehkan menari bersama. Perayaan syukur sesudah panen dilakukan secara bertahap, ada rangkaian upacara yang sangat panjang dan memakan waktu yang lama sekitar tiga bulan, dalam rentang waktu April-Mei-Juni.
Pada tahun 1968 dibentuklah Sekretariat Kesenian Dayak (Sekberkesda) yang salah satu tugasnya adalah menggelar dan mengonsep pelaksanaan pergelaran seni budaya Dayak. Melihat loyalitas masyarakat Dayak yang tinggi pada upacara syukur sesudah panen di daerah masing-masing maka pada tahun itu juga, tepatnya pada 30 Juni 1986 Sekberkesda menyelenggarakan pergelaran kesenian Dayak yang pertama kalinya di Pontianak, yang disebut Gawai Dayak. Kemudian ditetapkanlah tanggal 20 Mei sebagai hari pelaksanaan Gawai Dayak setiap tahunnya.
Gawai Dayak merupakan perayaan acara syukur sesudah panen di tingkat Provinsi, di mana semua suku Dayak dari berbagai daerah berkumpul bersama untuk merayakan upacara ini, ini merupakan perayaan bersama. Beragam perlombaan tradisional dihelat untuk merayakan Gawai Dayak. Pertunjukkan tarian dan nyanyian dari daerah masing-masing diadakan, serta ada pameran barang-barang kebudayaan dan makanan khas tiap-tiap daerah. Ini adalah perayaan meriah yang menyatukan semua masyarakat Dayak. 
Sejak tahun 1986 Gawai Dayak sudah mendapatkan pendanaan dari pemerintah daerah dan bukan hanya sebagai pengembangan budaya sesungguhnya Gawai Dayak juga merupakan sarana pengembangan pariwisata bagi Kalimantan Barat. Gawai Dayak juga merupakan sebuah sarana pengikat hubungan kekeluargaan sesama suku Dayak, sebagai suatu tradisi yang sangat luhur, yang telah dilaksanakan secara turun temurun. Gawai Dayak selalu dilaksanakan setiap tahun. Pelaksanaannya terselenggara berkat kekompakkan masyarakat Dayak khususnya yang berada di Pontianak, kerjasama yang baik dengan masyarakat di daerah Kabupaten menjadikan acara ini sangat hidup, unsur tradisional yang diangkat benar-benar berhasil terlihat. Kemudian dukungan dari pemerintah setempat juga sangat berperan besar dalam pelaksanaan acara tahunan ini. 
Pada tahun 1992 nama Gawai Dayak diubah menjadi Pekan Gawai Dayak, yang artinya perayaan ini dicanangkan untuk dilaksanakan selama sepekan. Selama sepekan perayaan adat ini berlangsung dengan meriah. Sampai saat ini, Pekan Gawai Dayak merupakan sebuah event tahunan yang paling ditunggu-tunggu baik oleh masyarakat Dayak maupun masyarakat umum. Karena perayaan ini bukan hanya sebagai sebuah sarana mempererat hubungan antar suku Dayak tetapi juga sebagai sarana hiburan bagi masyarakat umum dan sebagai upaya untuk tetap melestarikan budaya leluhur.
This entry was posted in

Rabu, Mei 20, 2015

Hal-Hal Menarik di Film Youtubers

Ahaii..
Masih tentang film Youtubers nih. Ampun deh aku suka banget film ini. hihi.
Menurut aku ada berberapa hal menarik yang ada di film ini. Mulai dari keanehan, kegilaan sampai pesan-pesan moral yang bisa kita petik. Apa aja ya. Hmm..


Cerita-cerita di film ini unik banget, banyak adegan yang buat kita ketawa pecah. Ada cerita Andovi sama kakaknya (Kak Jo) ikutan demo terus kakaknya digebukin massa karena dikirain nyium nenek-nenek padahal niatnya membantu. Soalnya nenek itu pingsan karena teriakan kak Jo yang terlalu kencang waktu demo.
Ada juga cerita kak Jo berkelahi sama Rocky di tempat main bowling terus Andovi berkelahi sama Kemal Palevi. Mereka berkelahi sampai masuk koran dan Andovi merasa terharu karena akhirnya ada media masa yang berkenan memuat berita tentang mereka walaupun berita buruk -_-
Penggambaran tokohnya dapeeeet banget.  Endingnya juga nggak buat kecewa. Ah pokoknya ini film yang dibutuhkan remaja cerdas masa ini. hee

Editingnya juga bagus, menonton film ini kayak menonton youtube. duh nggak ngerti pasti kan ? aku nggak tau istilahnya apa. Selain itu yang menarik di film ini ya itu, film ini di dukung pemain-pemain muda yang berbakat dan idola remaja Indonesia. Kumpulan orang muda berbakat yang dimiliki Indonesia. hehe. Makanya nonton buruan

Pesan moralnya sih yang pasti jangan pantang menyerah untuk mewujudkan impian kita. Walaupun diremehkan, ditertawakan, dianggap bodoh, kalau udah niat pasti bisa kok. Jangan mudah menyerah.
Dan pesan moral yang nggak kalah pentingnyaq di film ini adalah kasih sayang kepada saudara. Hiks, Andovi sama ka Jo keren banget pokoknya. Waku liat adegan kak Jo bertengkar sama Andovi aku sempat nangis gitu, ingat sama kakak. Jadi rindu banget, ingat dulu pernah bertengkar. Jadi pengen sama-sama lagi. 

Kalau kalian punya teman yang suka buat video dan up load di youtube tapi yang subscribe sedikit, nah ajak aja nonton film ini. haha kali aja semangatnya jadi bertambah berkali-kali lipat. Atau mungkin dapat ide baru. Intinya ini film yang dipersembahkan untuk remaja-remaja Indonesia, jadi kita sebagai remaja Indonesia, sebagai penikmat karya harus mendukung film ini. Ayo ditonton ayo ayo. Hihiiii.

***

This entry was posted in

Jumat, Mei 08, 2015

Sinopsis Singkat film Youtubers

Ini film Indonesia yang keren di awal Mei. Anak muda Indonesia wajib nonton film ini.
Sebuah film yang disutradarai Kemal Palevi dan Jovial Da Lopez yang menceritakan tentang ambisi seorang mahasiswa semester atas (Jovial Da Lopez) yang dikejar deadline skripsi dan untuk menjadi orang terkenal. Namun keinginannya untuk menjadi terkenal tidak juga tercapai sehingga adiknya (Andovi Da Lopez) nekat meng-upload video-video absurd kakaknya ke channel youtube mereka berdua Skinnyindonesian24. Jovial Da Lopez dan adiknya Andovi Da Lopez adalah Youtuber, Andovi Da Lopez sangat ingin video-video mereka banyak ditonton orang sehingga channel mereka menjadi di kenal masyarakat dan mereka juga menjadi terkenal. Mereka mempunyai saingan yaitu seorang youtuber keturunan arab (Kemal Palevi) yang selalu berhasil mengalahkan jumlah penonton video mereka.
Dibantu oleh dua orang temannya Andovi menjalankan misinya untuk membuat video yang banyak ditonton masyarakat dan menjadikan kakaknya terkenal. Banyak hal aneh dan bodoh yang dilakukan oleh Jovial di upload ke youtube oleh adiknya sehingga jumlah penonton mereka bertambah dan mereka mulai di kenal masyarakat. Tapi pacar Jovial, Alexandra (Anggika Bolsterli) tidak setuju jika Jovi menjadi seorang youtubers apa lagi melihat hal-hal bodoh yang dilakukannya dan menjadi tontonan masyarakat luas. Dia lebih senang jika Jovi fokus pada skripsinya dan segera menyelesaikan kuliahnya. Ini menjadi halangan bagi Andovi untuk membuat video-video baru, kakaknya sangat menyayangi pacarnya sehingga menjadi sulit diajak bekerja sama.Mereka pun terlibat konflik, ditambah lagi dengan persaingan dari Youtuber lainnya channel mereka yang awalnya sudah mulai ditonton banyak orang mulai kurang diminati lagi. 
Inilah yang yang diceritakan film ini, tentang kegigihan seorang youtuber untuk membuat video-video berkelas, yang bisa diterima oleh semua kalangan, dengan dibumbuhi cerita tentang persaingan antar youtuber dan ambisi Jovi untuk menjadi terkenal film ini cukup layak dinyatakan sebagai film yang menginspirasi. Menginspirasi generasi muda Indonesia untuk kreatif terutama yang berkeinginan menjadi seorang Youtuber. Nah bagaimana misi ini berjalan ? apakah mereka berhasil ? silahkan tonton sendiri. hehe

Para Pemain

Para pemain di film ini merupakan generasi-generasi muda Indonesia yang kreatif. Mungkin nama mereka tidak asing lagi, pemeran utamanya adalah kakak beradik Jovial Da Lopez dan Andovi Da Lopez yang merupakan Youtuber populer dengan akun skinnyindonesian24. Akun mereka merupakan salah satu akun youtube yang paling banyak di tonton di Indonesia, Andovi Da Lopez sendiri pernah bermain dalam serial Malam Minggu Miko bersama Raditya Dika di season 2 menggantikan Ryan Adriandhy. 
Pemain berikutnya yang memegang peran penting di film ini adalah Kemal Palevi, dia berperan sebagai saingan Jovi dan Dovi, kemudian ada Ge Pamungkas yang juga memiliki peran sama sebagai rival dari skinnyindonesian24. Mereka berdua adalah stand up coemdy-an. Ge Pamungkas adalah juara satu Stand up Comedy Indonesia musim kedua sedangkan Kemal Palevi adalah juara ketiga di musim itu. Kehadiran stand up comedy-an di film ini jelas memberi nuansa tersendiri. Stand up Comedy sendiri sedang naik daun di Indonesia jadi film ini menjadi sangat ingin ditonton oleh masyarakat banyak. Kelucuan yang diciptakan Kemal dan Ge membuat film ini sangat menghibur. Stand up Comedy-an lainnya adalah seorang senior Ge dan Kemal, yaitu Pandji Pragiwaksono. Beliau adalah seorang Komika sekaligus salah satu penulis buku favoritku, di sini dia berperan sebagai dosen Jovi.
Pacar Jovi diperankan oleh Anggika Bolsterli, dia sendiri merupakan artis Indonesia keturunan Swiss. Pemeran Astrid dalam sinetron putri duyung ini menjadi pacar Jovi yang menuntut agar Jovi menjadi pribadi yang bisa menjaga imagenya. Wajah cantiknya yang bening tidak bosan  untuk di pandang. 
Tokoh terkenal lainnya yang digandeng di film ini adalah Rayi Putra, anggota grup musik Ran. Seperti yang kita ketahui Rayi memang sahabat Dovi, dia sering diajak berkolaborasi oleh Dovi dan Jovi dalam video-video mereka di skinnyindonesian24 dan di sini dia memerankan peran yang sama sebagai teman Dovi dan bertugas membantu Dovi menjalankan misinya. Kemudian teman Dovi yang lainnya diperankan oleh Marlo Ernesto. 
Mama Dovi dan Jovi diperankan oleh Donna Harun, dia merupakan seorang ibu yang gaul, yang sangat mengikuti perkembangan di media sosial.
Selain itu ada beberapa tokoh figuran lainnya yang tidak kalah terkenal. Ada Duo Serigala, Dj Yasmin, kemudian Tyas Mirasih, Agung Hercules, Zaskia Mecca, dan Hanung Bramantyo.

Banjir YouTuber ternama Indonesia

Karena film ini tentang YouTuber maka sudah pasti di sini kita akan melihat kehadiran YouTubers ternama di negeri ini. Kalian pasti tidak asing dengan mereka. Pertemuan dengan YouTubers Indonesia ini yang menjadi bagian favoritku. Rasanya sangat wow melihat orang-orang kreatif yang biasanya hanya bisa di tonton di YouTube berkumpul bersama dan bermain dalam sebuah film. Salah satunya adalah Chandra Liow, aku sangat mengidolainya. Ah kalian stalking sendiri deh dia siapa. Hehe.
Menurutku film Youtubers ini menjadi sebuah moment berkumpul bagi para YouTubers Indonesia dari berbagai jenis. Keren banget. Beneran.

Setelah menonton film ini aku berpikir bahwa seorang YouTuber adalah orang yang bisa masuk dalam daftar orang yang bisa didekati. Hahaha. Pokoknya film ini keren, aku sendiri termotivasi untuk menjadi remaja yang pandai mengembangkan bakat seperti mereka, siapa tau bisa jadi terkenal. Hehe. Totally film ini menghibur, mendidik, memotivasi, dan ini tontonan wajib untuk anak muda Indonesia. 
***


Jumat, Mei 01, 2015

Sejarah, Hari Penting, dan Hal-hal Menarik pada Bulan Mei

Sejarah Nama Bulan Mei 
 
Kata Mei berasal dari bahasa Latin, Maius, yang diperkirakan diambil dari nama Dewi Maia, putri dari Atlas dan Pleione, ibu dari Hermes (Mitologi Yunani). Pada bulan ini bunga-bunga bersemi, burung-burung berkicau merdu  Di Inggris banyak festival diadakan untuk menyambut musim semi ini. Bulan ini dianggap sebagai bulan romantis tapi bangsa Romawi menolak melangsungkan upacara pernikahan di bulan ini karena pada bulan ini juga berlangsung festival untuk menghormati Bona Dea, dewi yang tidak pernah berhubungan intim.


Hari Penting di Indonesia Pada Bulan Mei
 
Pada bulan Mei diperingati beberapa hari penting. Dimulai dengan tanggal 1 Mei, dunia memperingat hari buruh yaitu untuk mengenang peristiwa unjuk rasa 1 Mei 1886 di Amerika Serikat yang dilakukan besar-besaran oleh para buruh di sana. 
1 Mei juga merupakan hari peringatan pembebasan Irian Barat. Pada 1 Mei 1963 PBB menyerahkan Irian Barat kepada Indonesia.
Pada tanggal 2 Mei yang diperingati adalah Hari Pendidikan Nasional atau dikenal juga dengan Hardiknas. Hardiknas diperingati setiap tanggal 2 Mei untuk mengenang hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara karena beliau adalah pelopor pendidikan di Indonesia. Ki Hadjar Dewantara sering menyampaikan kritik terhadap kebijakan pendidikan pemerintah Hindia Belanda yang hanya memperbolehkan pendidikan bagi anak-anak keturunan Belanda atau anak-anak orang kaya. Banyak tulisan berisi kritik yang dibuatnya sehingga dia diasingkan ke Pulau Bangka kemudian dipindahkan ke Belanda. Setelah mengalami masa pengasingan tersebut Ki Hadjar Dewantara kembali ke Indonesia dan mendirikan Perguruan Taman Siswa, sebuah lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para pribumi untuk memperoleh pendidikan. Inilah yang menjadi konsep pendidikan nasional.
Kemudian pada tanggal 17 Mei yang diperingati adalah hari buku nasional sedangkan peringatan hari buku internasional jatuh pada tanggal 23 April. 17 Mei diperingati sebagai hari buku nasional karena pada 17 Mei 1980 didirikan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) di Jakarta.
Hari penting lainnya yaitu Hari Kebangkitan Nasional tanggal 20 Mei. Tanggal 20 Mei sendiri merupakan tanggal kelahiran Boedi Oetomo, tokoh pelopor kebangkitan nasional kaum pemuda Indonesia.
Pada tanggal  21 Mei yang diperingati adalah hari peringatan Reformasi yaitu untuk memperingati reformasi besar yang terjadi di Indonesia. Pada tanggal 21 Mei 1998 demonstrasi besar-besaran dilakukan oleh Mahasiswa mereka menuntut reformasi pemerintahan, perusakan dan penjarahan terjadi di kota besar, kerusuhan yang tidak kunjung selesai membuat presiden Soeharto mundur dari jabatannya setelah menjabat selama 6 periode (30 tahun). Ini merupakan reformasi besar-besaran bagi negeri ini, karena itu tanggal 21 Mei ditetapkan sebagai peringatan hari Reformasi.
Tanggal 29 Mei yang diperingati adalah Hari Keluarga Nasional dan tanggal 31 Mei diperingati hari Tanpa Tembakau Sedunia (World no tobacco day). Tujuan dari peringatan ini adalah untuk membangun kesadaran global akan bahaya penggunaan tembakau dan bahaya negatifnya bagi kesehatan.


Hal-Hal Menarik Pada Bulan Mei

Sejarah dunia mencatat bahwa pada tanggal 9 Mei tahun 1653 Taj Mahal yang merupakan salah satu bangunan arsitektur Islam terindah di dunia selesai dibangun. Pada 15 Mei tahun 1776 kapal uap pertama dibangun oleh seorang bangsawan Perancis bernama Marquis de Jouffroy d'Abbans.
Pada bulan Mei juga tepatnya tanggal 29 Mei 1953 untuk pertama kalinya puncak Gunung Everest berhasil dicapai. Pendaki gunung asal Selandia Baru bernama Edmund Hillary dan pemandu jalan asal Nepal, Tenzing Norgay berhasil menjadi orang pertama yang mencapai puncak Gunung tertinggi di dunia ini.
Selain beberapa catatan sejarah dunia tersebut hal menarik lainnya adalah bahwa pada tanggal 2 Mei Argentina memperingati hari Pengangguran, ini muncul sebagai tindakan untuk mengimbangi hari buruh yang diperingati pada tanggal 1 Mei. Selain itu bulan Mei juga merupakan bulan penghormatan internasional untuk ayam.
Pada bulan Mei juga digelar beberapa festival unik di berbagai negara, salah satunya di Jepang. Pada tanggal 5 Mei di Jepang diadakan Festival Koinobori untuk memperingati Hari Anak. Koinobori merupakan bendera ikan yang dikibarkan oleh keluarga yang memiliki anak laki-laki. Dengan mengibarkan koinobori diharapkan anak laki-laki tersebut tumbuh kuat dan sehat seperti kinobori yang dinaikkan di atas tiang, tetap kuat meskipun ditiup angin.

***
*Tulisan ini dihimpun dari berbagai sumber.
This entry was posted in